Bandung makin macet aja, n yg disalahin selalu mobil-mobil pelat B hehe. Tapi kayanya emang bener sih. Kalo udah sampe menjelang weekend kaya sekarang ini, udah males liat jalanan di Bandung. Sejak Cipularang dibuka Bandung full di weekend, coba aja booking hotel pas jumat sabtu minggu, ga bakal dapet. Harus langsung dateng n itu juga mesti masuk waiting list. So? what's the point.
Duit Tol nya kemana sih? masuk kantong sapa? Bandung apa Jakarta? apa masuk ke pemilik jalan tol. Don't really care about that. Tapi ada satu hal, pemerintah kota bisa aja mungut retribusi buat para pendatang temporer karna mereka ikut bikin rusak jalanan kota, dan membantu bikin macet kota. Pemerintah kota Bandung yang cape-cape bagusin kota, jalanan dibikin licin, malah ga dapet apa-apa, manusia yang hidup di Bandung jadi tekor pengeluaran, bensin abis ama macet, parkir penuh ama orang-orang pendatang. Bukan bermaksud anti sama para turis, makin banyak turis berarti perputaran cash juga makin besar.
Kalo kawasan tertentu di wilayah Bandung ditarik retribusi, masuk Cihampelas bayar, Dago bayar, atau langsung tarik aja masuk kota bandung mesti bayar. So yang macet palingan di pos bayar-bayar n bukan di bandungnya. Beberapa kota di Indonesia udah ada yang nerapin gitu buat nambah pemasukan pemerintah kota.
Di Singapore juga masuk city mesti bayar, bahkan taksi yang masuk juga bayar. Hanya di mereka udah ada gadget wireless di tiap mobil, tiap masuk city saldo yang ada di gadget dipotong otomatis. Penumpang taksi akan diberi tau oleh sopir ada tambahan karna masuk city. Disini mungkin ga perlu gadget otomatis²an dah, tapi yang penting gimana Bandung kurang macetnya & nambah pendapatan dari orang² yg datang.
CMIIW,
No comments:
Post a Comment